Matakuliah : PENDIDIKAN PANCASILA
Kode/Bobot : ……./ 2 SKS
Dosen Pengasuh : Willius Kogoya,S.Pd,M.Sc
Deskripsi Singkat :
Matakuliah ini akan membahas tentang Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila, Pancasila dalam konteks sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik, Pancasila sebagai ideologi nasional, Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Indonesia dan pancasila sebagai paradigma kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
Tujuan Instruksional Umum:
Mahasiswa mampu memahami dan menguasai secara nalar konsep dan norma Pancasila sebagai falsafah,dasar ideologi, serta pandangan hidup bangsa dan Negara RI; menghayati dan meyakini tatanan nilai dan moral Pancasila; serta menunjukkan sikap dan perilaku diri dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Metode dan Strategi dalam Proses Belajar Mengajar : Menggunakan Pembelajaran Aktif
Kegiatan dan Pokok Bahasan dan Kompetensi Tiap Pertemuan:
Pertemuan I :
- Kontrak Perkuliahan
- Arahan Umum
Target :
- Membuat kesepakatan bersama tentang peraturan dalam perkuliahan
- Mendapat arahan umum tentang pentingnya Mata Kuliah dan Materi Pancasila serta kesiapan sikap dan mental dalam belajar Mata Kuliah Pancasila.
Pertemuan II :
Pokok Bahasan :
- Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila
a. Landasan Pendidikan Pancasila
b. Tujuan Pendidikan Pancasila
Kompetensi yang dicapai, mahasiswa dapat:
a. menjelaskan landasan perkuliahan pendidikan Pancasila
b. menjelaskan tujuan dari perkuliahan Pendidikan Pancasila
Pertemuan III dan IV:
Pokok Bahasan :
- Pancasila dalam konteks sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia
a. Kerajaan-kerajaan di Indonesia
b. kebangkitan Nasional
c. Sejarah Perumusan Pancasila
Kompetensi yang dicapai, Mahasiswa mampu:
a. menjelaskan nilai-nilai esensial Pancasila dari zaman kerajaan-kerajaan sampai dengan zaman kebangkitan nasional
b. menjelaskan kronologis Sejarah Perumusan Pancasila
Pertemuan V, VI dan VII
Pokok Bahasan :
- Pancasila sebagai Sistem Filsafat
a. Pengertian Sistem dan Unsur-unsur sistem
b. Kesatuan sila-sila Pancasila yang sistematis, hirarkhis dan logis
c. Unsur-unsur Pancasila sebagai sistem filsafat
d. Inti Sila-sila Pancasila
Kompetensi yang dicapai,Mahasiswa mampu
a. menjelaskan pengertian sistem dan unsur-unsur sistem
b. menjelaskan kesatuan sila-sila Pancasila yang sistematis,hirarkhis dan logis
c. menjelaskan unsur-unsur Pancasila sebagai suatu sistem filsafat
d. menjelaskan inti sila-sila Pancasila
Pertemuan VIII, IX dan X
Pancasila sebagai Etika Politik
a. Pengertian etika dan politik
b. Pancasila sebagai Etika Politik
c. Pancasila sebagai etika politik dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
d. Etika dalam kehidupan kekaryaan,kemasyarakatan dan kebangsaan
Kompetensi yang dicapai, Mahasiswa mampu:
a. menjelaskan pengertian etika dan politik
b. menjelaskan Pancasila sebagai Etika Politik
c. mendiskusikan Pancasila sebagai etika politik dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya
d. menjelaskan kegunaan etika dalam kehidupan kekaryaan,kemasyarakatan dan kebangsaan
Pertemuan Ke XI
Pancasila sebagai Ideologi Nasional
a. Pengertian dan Makna Ideologi Bagi suatu bangsa
b. Macam-macam ideologi
c. Makna dan peranan Ideologi Pancasila
Kompetensi yang dicapai, Mahasiswa mampu :
a.menjelaskan pengertian dan makna ideologi bagi suatu bangsa
b.memahami macam-macam ideology
c.menjelaskan makna dan peranan Ideologi Pancasila bagi Bangsa Indonesia
Pertemuan Ke XII dan XIII
Pancasila dalam Konteks Ketatanegaraan Indonesia
a. Kedudukan Pancasila sebagai Sumber Hukum dasar Negara Indonesia
b. Kedudukan Pembukaan UUD 1945
c. Sistem Ketatanegaraan Indonesia menurut UUD 1945
d. HAM dalam UUD 1945
Kompetensi yang dicapai, Mahasiswa mampu:
a. menjelaskan kedudukan Pancasila sebagai Sumber Hukum dasar negara Indonesia
b. menjelaskan kedudukan Pembukaan UUD 1945
c. menjelaskan sistem Ketatanegaraan Indonesia menurut UUD 1945
d. menjelaskan HAM dan perkembangannya di Indonesia.
Pertemuan XIV UJIAN Semester
Sumber : Berbagai buku dan Internet
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
SEBELUM PERKULIAHAN BERLANGSUNG:
BalasHapusMAHASISWA DIHARAPKAN TELAH MEMBACA DAN MEMBUAT RINGKASAN SERTA MEMILIKI SEJUMLAH DAFTAR PERTANYAAN DAN DAFTAR TOPIK-TOPIK YANG DIKUASAI