Kuliah PKn

Senin, 07 Juni 2010

Kelompok 3 Kimia Bertanya Klmpk 3 Matematika Menjawab

KELOMPOK 3 ( P. MATEMATIKA ) :
Nama-nama anggota :
  1. Anita Asri  
  2. Anselma Kirwelakubun
  3. Edward Sibarani
  4. Eni Dwi Jayanti
  5. Ferolin Mawirampakel
  6. Imelda
  7. Lailatul Maisyaroh
  8. Nita Wahyu Utami
  9. Sinta Pravista
  10. Yolanda T. W. I. Pangaribuan
  11. Martina Nuntia



Pertanyaan dari kelompok 3 ( prodi P.KIMIA) : 
  1. Mengapa demokrasi liberal tidak bertahan lama di Indonesia ?
  2. Apakah kita sudah berperilaku sesuai dengan nilai-nilai kejuangan serta patriotisme yang cinta tanah air, rela berkorban bagi nusa dan bangsa ? jelaskan dan berikan contoh !!!!
  3. Apa perbedaan system ekonomi indonesia dengan Negara lain ?
  4. Seperti yang kita ketahui WNI yang bekerja di luar negeri kebanyakan selalu ditindas, itu salah satu tindakanyang melanggar HAM, bagaimana cara agar WNI yang berada di luar negeri tidak diperlakukan dengan semena-semena ?
  5. Apa upaya konkrit yang dilakukan dalam upaya mempertahankan wawasan dalam keutuhan NKRI ?

Jawaban dari kelompok 3 ( prodi P.MATEMATIKA ) :  
    1.Seperti yang kita ketahui bahwa demokrasi liberal merupakan system politik yang melindungi secara konztitusional hak-hak individu. Pada masa demokrasi ini rakyat mempunyai kebebasan dalam melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya dan dalam hal tarsebut pemerintah tidak memiliki peraturan-peraturan yang memberikan sanksi tegas, sehingga muncullah pemberontakan-pemberontakan  seperti pemberontakan PRRI, permesta atau DI/TII yang mengakibatkan kekacauan bagi Negara ataupun pemerintahan di Indonesia. Karena itu pemerintah menyimpulkan bahwa demokrasi liberal tidak berjalan dengan baik sehingga pemerintah mengganti demokrasi liberal tersebut.
     
    Menurut pendapat kami, kita sebagai warga negara Indonesia, khususnya sebagai mahasiswa sudah berperilaku sesuai dengan nilai-nilai patriotisme yang cinta tanah air sebab salah satu nilai patriotisme adalah memberantas kebodohan dengan cara terus menggali ilmu yang dapat kita kembangkan di negara tercinta kita ini. Oleh karena itu kita sudah dapat dikatakan sebagai warga negara yang cinta tanah air karena di sini kita bersama-sama belajar untuk memberantas kebodohan dan memajukan bangsa ini.
     
    2.Perbedaan sistem ekonomi di Indonesia, berbeda dengan negara lain karena untuk Indonesia, sistem perekonomiannya selain mengikuti harga pasar tapi juga menyertakan campur tangan pemerintah untuk melindungi pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan ekonomi khususnya dan masyarakat pada umumnya.
    Sedangkan untuk beberapa negara lain contohnya Amerika Serikat, dalam sistem perekonomiannya yang lebih doniman adalah sistem pasar, campur tangan pemerintah sangat minim, hasil produksi atau sistem harga ditentukan oleh sistem pasar. Kemudian, untuk beberapa negara lain contohnya Cina, Korea Utara, Kuba, dalam sistem perekonomiannya pemerintah lebih mempunyai peran yang dominan, negara mengambil alih semua alat produksi sehingga diharapkan dapat memberi kesejahteraan yang merata bagi seluruh rakyatnya.
     
    3.Dari pengamatan kelompok kami , WNI yang bekerja di luar negeri kebanyakan yang selalu ditindas adalah WNI yang tidak memiliki surat-surat resmi dari ketenaga kerjaan Indonesia atau yang biasa kita sebut dengan tenaga kerja ilegal, oleh sebab itu mereka diperlakukan semena-mena terhadap majikannya karena majikannya mengetahui bahwa mereka tidak memiliki jaminan hukum yang kuat dan dalam hal ini kita tidak dapat menyalahkan pemerintah seutuhnya, karena pemerintah telah memberikan prosedur  tertentu yang memiliki jaminan hukum yang sangat kuat terhadap TKI, sehingga majikan mereka lebih segan untuk berbuat kasar karena mereka di lindungi oleh pemerintah Indonesia. Untuk itu agar WNI yang bekerja di luar negeri tidak ingin ditindas, mereka harus melalui prosedur yang tepat agar pemerintah bisa lebih memperhatikan dan dapat memberikan perlindungan bagi mereka.
     
    4.Upaya yang dapat dilakukan dalam upaya mempertahankan  wawasan dalam keutuhan NKRI adalah dengan memperdalam lagi pengetahuan tentang wilayah maupun budaya yang terdapat di Indonesia. Dengan cara tersebut kita bisa mengetahui bahwa indonesia ini kaya dan hal ini dapat memunculkan  keinginan untuk mempertahankan NKRI. Selain itu pemerintah juga harus lebih memperhatikan semua wilayah dan budaya yang terdapat di Indonesia agar masyarakat pun ikut terpanggil untuk menjaga keutuhan NKRI.
     
    Keterangan : Seluruh anggota kelompok 3 prodi P. Matematika ikut serta ( aktif ) dalam memberikan pendapat dalam menjawab pertanyaan dari kelompok prodi P. Kimia

1 komentar:

  1. asyik ya, kelas PKn yang kreatif dan semoga mahasiswa jadi warga negara yang hebat semuanya. (by pemerhati PKn)

    BalasHapus

Anda bebas menulis di tempat komentar ini. Jika anda memilih Anonim (tanpa nama) pada teks komentar dapat menuliskan nama anda dan e-mail anda agar identitas anda jelas.