Kuliah PKn

Senin, 07 Juni 2010

Kelompok IV Kimia menjawab klmpk 4 Matematik

    KELOMPOK IV PRODI KIMIA.
    • Fransisca Sari Ma’misa Pangalinan
    • Hermince N Kondokamop
    • Nurmiati Baharuddin 
    • Siti Asiyah
    • Susan Fiona Fanrijun
    • Yustin Paiman
SOAL
  1. Mengapa ketahanan nasioal di bidang ekonomi merupakan salah satu titik terlemah dari ketahanan nasional Indonesia ?
  2. Mengapa wawasan nusantara sebagai wawasan kekuasaan ?
  3. Jelaskan mengapa tradisi social bersifat dinamis dan jelaskan dampaknya bagi kehidupan suatu Negara ?
  4. Bagaimana peran konkrit mahasiswa dalam usaha penegakan HAM ?
  5. Menurut anda seberapa penting pemahaman tentang pendidikan kewarganegaraan bagi warga  negara Indonesia ? Jelaskan pendapat anda !
  6. Apa fungsi wawasan nusantara bagi kita sebagai WNI ?
  7. Jelaskan bagaimana implementasi wawasan nusantara dalam social budaya ? Berikan contohnya !
  8. Jelaskan dan berikan contoh sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai kejuangan serta   patriotisme yang cinta tanah air rela berkorban bagi nusa dan bangsa ?
  9. Apakah perkembangan IPTEK dan masyarakat global memperkuat wawasan nusantara bagi kita sebagai WNI, dan jelaskan ?



JAWAB
  1. Karena ekonomi merupakan segala kegiatan pemerintah dan masyarakat didalam pengolahan faKtor produksi, yaitu bumi, sumber alam, tenaga kerja, modal, teknologi dan manajemen didalam produksi serta distribusi barang dan jasa demi kesejateraan rakyat baik fisik maupun mental spiritual.
    ( Fransisca Sari Ma’misa Pangalinan ).
  1. Karena dapat di lihat dari wawasan nusantara itu sendiri yang terdiri dari keanekaragaman itu bersatu, maka akan terbentuk kekuatan dan ketahanan Negara yang berpedoman pada “ BIHINEKA TUNGGAL IKA”, namun dalam mempersatukan keanekaragaraman tersebut perlu adanya rasa saling menghargai dan saling menghormati. Contohnya : pada masa sebelum kemerdekaan, setiap daerah mempertahankan daerahnya masing-masing. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran dari masyarakat setiap daerah tentang persatuan bangsa, namun dengan berjalannya waktu rasa kebersamaan itu muncul dan pada akhirnya setiap daerah mulai bersatu dan bekerja sama demi merebut Negara Indonesia dari para penjajah. ( Yustin Paiman ).
  2. Tradisi social bersifat dinamis artinya system nilai dan system normq yqng tidak sesuai zaman akan lenyap secara alamiah, sedanagkan dampak bagi kehidupan suatu Negara adalah Negara tersebut kehilangan tradisi yang sudah lama terbentuk. ( Nurmiati Baharudin ).
  3. Peran mahasiswa seharusnya adalah berusaha mungkin untuk menemukan dan merumuskan bagaimana HAM yang tepat untuk dijalankan di Indonesia. Karena di Indonesia HAM bukanlah norma dan nilai pokok dalam masyarakat. HAM dianggap nilai asing yang belum bisa diterima dan memang banyak nilai-nilai HAM yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia. ( Siti Asiyah ).
  4. Pendidikan kewarganegaraan sangatlah penting bagi warga Negara Indonesia menurut definisinya : Pendidikan kewarganegaraan adalah usaha untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara waarga Negara dengan Negara serta pendidikan pendahuluan Negara agar menjadi  warga Negara yang dapat diandalkan untuk bangsa dan Negara.
    ( Susan Fiona Fanrijun ).
  1. Fungsi wawasan nusantara adalah sebagai pedoman, motivasi, dorongan, serta rambu-rambu dalam menentukan semua kebijakan . keputusan, tindakan dan perbuatan baik bagi para penyelenggaraan Negara di tingkat pusat dan daerah , maupun bagi seluruh warga Negara Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa , dan bernegara.
    ( Hermince N Kondokamop )
  1. Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan social budaya dan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghomati segala bentuk perbedaan atau kebinekaan sebagai kenyataan yang hidup di sekitarnya dan sekalirus merupakan karunia dari sang pencipta. Lebih mampu menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dan bersatu tanpa membeda-bedakan suku, asal-usul daerah, agama atau kepercayaan yang dianut serta golongan berdasarkan status sosialnya. Contoh : kita di Indonesia ada terdapat berbagai suku, agama, dan asal-usul daerah tetapi kita bisa hidup dengan rukun dan damai tanpa membedakan yang satu dengan yang lain, itu merupakan karunia dari sang pencipta yang bisa kita kenal dengan “ BHINEKA TUNGGAL IKA “ yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. ( Ratsanti A Wugaje )

1 komentar:

  1. Jawaban soal nomor 8 dan 9 di ketik langsung di tempat komentar disini....(Ayo siapa yang bisa menjawab soal tersebut??? Jawab dan tulis nama serta NIM. (catatan Dosen Pengasuh Mk PKn)

    BalasHapus

Anda bebas menulis di tempat komentar ini. Jika anda memilih Anonim (tanpa nama) pada teks komentar dapat menuliskan nama anda dan e-mail anda agar identitas anda jelas.