Kuliah PKn

Senin, 07 Juni 2010

Kelompok 4 Kimia Bertanya Klmpk 4 Matematika Menjawab

Kelompok 4 P.Matematika
Anggota: 1. Sigit Satriawan
            2. John R. Daimo
            3. Eva R. Naibaho
            4. Nurhayati
            5. Nur Fadliyanti S.
            6. Eris Sitinjak
            7. Reny S.
            8. Dwi Apriyanti.
            9. Alvira Wawo
            10. Yoseph Viandri Taufik
            11. Geryan Bara’padang


Pertanyaan Kelompok 4 Pendidikan Kimia
  1. Menurut Anda apa sangsi dari pelanggaran HAM seperti menghina orang lain?
  2. Tolong baca pengertian HAM hal 6. pada fotokopian tentang : Hak Asasi Manusia dalam pelaksanaannya tidak berlaku mutlak karena akan akan melanggar hak asasi orang lain , maka pelaksanaannya di atur oleh pemerintah. Jelaskan pengertian  kalimat tersebut.
  3. Bagaimana tindakan pemerintah dalam penyetaraan HAM menurut kedudukan sosial di dalam masyarakat ? Berikan contoh konkritnya!
  4. Dalam sifat ketahanan nsional terbagi menjadi 3 yaitu :

    1. dinamis
    1. wibawa
    2. konsultasi dan kerja sama

    Jelaskan ketiga sifat tersebut beserta contohnya!


   Jawaban
  1. Menurut kami sanksi yang diterima orang menghina orang lain adalah sanksi secara moral / nilai dalam masyrakat contohnya dikucilkan di masyarakat

        (Nurhayati)
  1. Maksudnya jika HAM milik seseorang bersifat mutlak, absolute akan mengesampingkan HAM milik orang lain. Karena itu pemerintah menatapkan kebijakan –kebijakan untuk menyamakan HAM

        (Alvira Wawo)
  1. Tindakan yang telah dilakukan oleh pemerintah hingga saat ini adalah membuat aturan yang dituangkan dalam undang-undang. Aturan-atuarab tersebut dibuat  untuk sipatuhi oleh semua lapisan masyarakat, tanpa memandang status sosial.

    Contoh konkrit :

    Seorang tukang bakso yang telah melakukan pembunuhan akan mendapatkan hukuman yang sama dengan menteri yang telah melakukan pembunuhan, karena telah melanggar HAM yakni hak hidup

    ( Eris Sitinjak )
  1. Sifat ketahanan nasional.

    1. Dinamis : Ketahanan nasional terus berubah sesuai perkembangan zaman.
    1. Wibawa : Ketahanan nasional haruslah berwibawa agar dapat dihormati oleh semua warga negara baik warga negara sendiri  mauoun warga negara internasional
    2. Konsultasi dan kerja sama : ketahanan nasional tidak dapt dibentuk hanya dengan kebijakan pemerintah tetapi juga harus berkoordinasi dan bekerjasama dengan semua lapisan masyarakat, kerjasama ini juga dapat dilakukan dengan negara-negara lain.

    ( Nur Fadliyanti Sholikhah )




Pertanyssn dari Kelompok 5 Pendidikan Kimia 
  1. Kewarganegaraan menekankan 2 hal, yaitu keseyiaan warga Negara terhadap Negara dan kewajiban Negara untuk melindungi warga Negara. Jelaskan masing – masing hal tersebut!
  2. Jelaskan secara singkat tentang HAM!
  3. Apakah di Papua ini hak asasi Anda sudah terpenuhi? Jelaskan pendapat Anda!
  4. DI Papua khususnya di pedalaman, masih banuk masyarakat yang menggunakan hokum adapt. Jika menurut Anda bagaimana cara kita untuk memberikan tentang cara – cara hukum kepada mereka?
  5. Apakah Anda setuju dengan adanya Komisi Pemberantasan Komisi sekarang ini? Jelaskan!
  6. Pada masa Orde Baru TNI dan POLRI tergabung menjadi Dwitunggal, menurut Anda mengapa sekarang ini keduanya dipisah? Jelaskan!
  7. Jika Anda adalah seorang duta wisata, bagaimana kiat – kiat Anda untuk mempromosikan kebudayaan daerah Anda agar dikenal masyarakat daerah lain?

Jawaban.
  1. a. Kesetiaan warga Negara terhadap Negara adalah suatu sikap loyal seorang warga Negara terhadap negaranya seorang warga Negara akan rela melakukan apa saja untuk mempertahankan keutuhan negaranya

    b. Kewajiban Negara untuk melindungi warga Negara dapat dikatakan sebagai hak yang harus didapatkan oleh warga Negara. Perlindungan ini idealnya perlindungan dalam segala aspek. Seperti perlindungan di bidang ekonomi, perlindungan di bidang hukum, perlindungan di bidang pendidikan, perlindungan di bidang kesehatan, dan lain- lain. (John R. Daimo)
  1. Ham adalah hak asasi dasar yang diberikan Tuhan kepada manusia dan harus dihormati oleh semua orang (Reny S.)
  2. menurut saya sudah. Contoh hak saya yang telah terpenuhi adalah hak mendapat keamanan, hak mendapat pendidikan, hak mendapat kesehatan, dan hak mengelurkan pendapat (Dwi Apriyanti)
  3. Menurut kami, cara yang paling efektif dan efisien adalah dengan turun langsung kelapangan. Maksudnya, kita berinteraksi dan berkomunikasi langsung denga penduduk yang berada di daerah pedalaman. Kita dapat memberikan sosialisasi tentang hukum Negara kepada mereka. Tentu saja hal ini membytuhkan waktu dan partisipasi dari pemerintah setempat (Yoseph Viandri Taufik)
  4. Kami setuju. Karena dengan adanya KPK, Indonesia memiliki lembaga peradilan khusus untuk menangani kasusu korupsi. Sehingga penangan kasus – kasus korupsi dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Namun, orang – orang yang ada di jajaran KOK haruslah orang – orang yang memiliki loyalitas yang tinggi kepada Negara, sehingga fungsi KPK dapat berjalan maksimal (Eva R. Naibaho)
  5. Karena pada masa Orde BAru TNI/POLRI terlalu berlebihan dalam melaksanakan tugas pokok sebagai pertahanan negara. Oleh karena itu, saat ini TNI dan POLRI dipecah menjadi dua untuk menyeimbangkan tugas merekan masing – masing (Geryan Bara’padang)
  6. Kiat saya dalam mempromosikan kebudayaan adalah dengan melakukan perjalanan ke daerah – daerah lain. Saya akan melakukan seminar atau talk show tentang kebudayaan daerah saya di tempat yang saya datangi. Dengan begitu daerah lain akan mengenal kebudayaan daerah saya. Cara lain yang dapat saya gunakan adalah melalui media masa dengan memasanag iklan tentang kebudayaan daerah saya di media tersebut (Sigit Satriawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda bebas menulis di tempat komentar ini. Jika anda memilih Anonim (tanpa nama) pada teks komentar dapat menuliskan nama anda dan e-mail anda agar identitas anda jelas.